Apa Itu LUCIFER

LUCIFER

Penguasa Neraka Yang Memutuskan Untuk Berlibur Karena Bosan

Salah satu hal yang membuat west series terkenal adalah keberanian mereka untuk melakukan black comedy dan membuatnya menjadi sebuah serial cerita diluar nalar. “Dark Comedy” atau yang juga sering disebut dengan “Black Comedy” adalah sebuah jenis komedi yang membahas hal-hal yang umumnya dianggap tabu seperti kematian, pembunuhan, bunuh diri, pemerkosaan, perang, perjudian dan lain-lain. Hal-hal yang dianggap tabu ini dibahas dengan cara yang ringan dan menjadi tema komedi.
Lucifer sendiri adalah nama sang Fallen Angel yang akhirnya menjadi penguasa neraka yang dipercaya oleh Umat Nasrani. Lucifer sendiri adalah salah satu dari tujuh dosa yang paling mematikan dan mewakili dosa kesombongan.

Serial tv ini mulai tayang pada tanggal 25 Januari 2016 hingga sekarang sudah 5 season yang telah dikeluarkan oleh serial ini. Serial ini sebenarnya diadaptasi dari karakter yang dibuat oleh Neil Gaiman, San Kieth dan Mike Dringenberg yang merupakan pemeran pendukung dari komik The Sandman, yang kemudian menjadi karakter utama dalam spin-off serial komik yang ditulis oleh Mike Carey. The Sandman dan Lucifer keduanya di terbitkan oleh DC Comics Vertigo Imprint. 

Dengan dibintangi oleh Tom Ellis, Lauren German, Kevin Alejandro, D.B Woodside, Lesley-Ann Brandt, dan Rachael Harris serial tv ini layak untuk dinikmati. Menceritakan tentang penguasa neraka yang merasa bosan dan memutuskan untuk berlibur turun ke bumi. Dia berada di kota Los Angeles dan di kota ini dia memiliki sebuah klub malam dengan Mazikeen seorang iblis neraka yang mengikutinya keluar dari neraka menjadi bartender.  Lucifer sendiri memiliki kekuatan untuk mengeluarkan hasrat terpendam manusia bahkan di sisi paling gelap sekalipun.

Suatu hari dia terlibat dalam sebuah kasus dan bertemu dengan Chloe Decker yang merupakan anggota LAPD. Dia tertarik pada Chloe karna Chloe sama sekali tidak terpengaruh oleh kekuatan Lucifer. Kemudian Lucifer bekerja sama dengan Chloe dalam beberapa kasus bahkan Lucifer seringkali mengikuti Chloe untuk membantunya menyelesaikan kasus.

Dilain pihak, malaikat bernama Amenadiel yang datang dari Surga berusaha membujuk Lucifer kembali ke neraka karena akan menganggu keseimbangan alam jika dia berada di Bumi. Ia bahkan mendekati Dr. Linda Martin yang merupakan terapis sang raja neraka dan bekerjasama dengan Mazikeen untuk mengembalikan Lucifer ke Neraka. Serial ini sangat menarik selain menampilkan tema “Raja neraka yang bosan menjaga neraka dan pergi berlibur ke Los Angeles dan secara membantu kepolisian”. Serial ini juga menampilkan banyak adegan kejahatan yang seru, dengan kekuatan nya kita bisa melihat hasrat terpendam setiap manusia itu berbeda-beda.

Apakah Lucifer itu Jahat ?

Seperti judulnya, serial ini berfokus kepada karakter Lucifer Morningstar yang bosan menjaga neraka dan ingin berlibur ke bumi. Tetapi setelah beberapa episode, kita bisa mengerti kenapa dia pergi ke bumi. Dia ingin memberontak kepada ayahnya, yaitu Tuhan. Lucifer sebelumnya adalah malaikat yang sangat membanggakan dirinya, kekuatan dan kekuasaan yang dia miliki. Tetapi dia dibuang ke neraka karena melanggar perintah Tuhan.

Selain itu, kita bisa melihat karakter Lucifer Morningstar sedang mencari jati diri, sehingga dia melarikan diri dari tempat asalnya. Kita bisa melihat kehebatan akting Tom Ellis karena dia bisa mempresentasikan Lucifer Morningstar yang cukup nyentrik, kuat, misterius, dan entah kenapa sebenarnya dia adalah karakter yang memiliki keadilan.

Serial ini sebenarnya kembali mempertanyakan keberadaan tokoh utama itu sendiri. Dia adalah iblis yang mewakili kesombongan. Iblis terkuat yang pernah di catat pada Alkitab. Tetapi apakah Lucifer Morningstar benar-benar jahat ? Anda pun pasti akan berpikir keras dengan perkataan dia mengenai dosa manusia itu sendiri dengan mengatakan “Kenapa manusia hanya bisa menyalahkan kami (iblis) setelah melakukan perbuatan dosa, tidak kah mereka menyadari bahwa itu adalah tanggung jawab mereka sendiri?”

Anda pasti berpikir, iya benar juga ya. Pasti anda pernah mendengar manusia melakukan kejahatan karena ‘bisikan iblis/setan’, jangan tertawa dahulu karena kita masih membahas serial ini. Lucifer Morningstar yang sedang mengalami krisis identitas diri kemudian berbicara pada terapis mengenai dirinya, lucunya dia sama sekali tidak pernah menyembunyikan identitasnya sebagai seorang iblis tapi tidak ada satupun orang yang percaya saat ia mengatakan jika ia adalah iblis. Bahkan terapisnya mengatakan jika dia adalah seorang pasien yang suka berkhayal.

Serial ini cukup menarik karena banyak komedi yang mereka usung, dengan jalan cerita kejahatan dan unsur fantasi drama nya. Kita merekomendasikan serial ini pada anda yang penyuka genre fantasi dan misteri. Kita memberi rating 4/5 pada serial ini karena tema dan jalan cerita yang dia ambil diluar kepala kita.